Selasa, 16 September 2014

BELAJAR DARI KESALAHAN

Siang itu, saya mendapat sms dari seseorang yang bilang bahwa dirinya berharap untuk invite P
in BBM-nya. Dalam sms itu tertera pin BBM 29EAFE2A. Setelah saya cek ternyata BBM atas nama H. Riyanti yang mengaku Distributor elektronik. Dia menawarkan beberapa produk ke saya dengan harga yang murah dan diskon yang lumayan menggiurkan.
Malamnya, saya coba menghubungi dia. Ternyata, enak diajak komunikasi. Karena saya merasa nyambung dengannya, akhirnya saya bilang ke dia kalau lebih baik saya datang ke rumahnya agar semua jelas. Bahkan saya menganggap dia bisa jadi rekan bisnis saya yang baik. Ketemu, klarifikasi lalu setelah dijelaskan semua akan menjadi jelas.
Paginya, orang yang mengatasnamakan diri sebagai H. Riyanti itu masih kembali menawarkan produk dan memperbolehkan saya untuk promosi produknya ke teman-teman BBM saya. Karena saya yakin, akhirnya apa yang dia kirimkan, saya sebar ke teman-teman. Sempat juga ada yang tertarik dan bertanya-tanya. Setiap ada pertanyaan dari teman saya yang menyangkut tentang produk yang ditawarkan orang itu saya langsung menanyakannya. Anehnya, dia menjawab dengan baik dan bahkan tawarannya semakin menggiurkan. Saya semakin penasaran dan curiga dengan orang itu. Akhirnya, berkat saran Faris, salah satu rekan kerja saya di Majalah, saya langsung mengecek keberadaan alamat orang itu yang lokasinya di Jl. Cekokan No.135 Kediri.
Sesampai disana saya langsung masuk ke rumah sesuai alamat. Rumahnya sepi tidak ada oang. Padahal, pintu terbuka dan sebelah ruang tamu ada tempat semacam ruangan kantor yang sudah siap untuk menerima tamu. Rumahnya sangat bagus, berlantai satu, dan sepertinya pemiliknya berstatus orang yang kaya.
Saya mencoba untuk mengucapkan salam. Satu kali, dua kali bahkan sampai beberapa kali saya mengucap salam, tak ada jawaban sama sekali dari pemilik rumah. Saya mencoba mendekat, masuk ke ruang tamu sambil melihat seisi barang yang ada didalamnya. Rupanya, di ruang tamu banyak sekali tumpukan bermacam kitab kuning yang tertata rapi di dalam lemari. Selain itu, saya juga melihat foto seorang kiai diatas lemari itu, juga foto H. Riyanti bersama keluarga.
Pikir saya, mungkin saja si pemilik rumah adalah seseorang yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren. Tidak mungkin kitab-kitab yang berderet di lemari itu hanya sebagai hiasan saja. Dan yang saya tahu, tidak mungkin orang yang memiliki kitab kuning kalau dia tidak pernah sekolah di Pesantren. Tanpa belajar di Pesantren, jarang sekali ada orang yang bisa memahaminya. Kog paham, membacanya saja tidak akan mungkin bisa, apalagi jika tidak pernah belajar sama sekali.
Aneh, sudah lama saya menunggu, masih saja tidak ada orang yang keluar untuk menemui saya. Akhirnya saya keluar dan bertanya ke tetangga depan rumah itu.
"Ada perlu apa Mas?"tanya seorang Ibu paruh baya.
"Bu Riyantinya ada di rumah Bu?"
"Ada Mas, apa mungkin masih keluar? tadi kayaknya ada kog, Mas udah ketok pintu?"
"Sudah Bu, bahkan saya udah mengucap salam berkali-kali tapi nggak ada yang keluar."
"Sampean udah transfer uang, Mas?"
"Belum kog Bu, saya cuma mau ngecek alamatnya Bu Riyanti"
"Oh... Alhamdulillah..."
"Lho, kenapa Bu?"
"Hati-hati Mas, kemarin ada anak Malang juga kesini, katanya udah tranfer uang 500 ribu buat beli Handphone, kasihan Mas, dia ketipu, ngecek kesini tapi orang yang punya rumah tidak mau mengakui, katanya rekening yang di tranfer uang bukan milik Bu Riyanti"
"Oh... Begitu, kalau begitu terimakasih, Bu"
Saya menghela nafas, nafsu amarah saya bergejolak tapi saya mencoba untuk sabar. Pikiran saya mulai berpikiran lain dalam menilai sosok Bu Riyanti. Saya sudah merasa telah tertipu. Kembali lagi saya masuk ke rumah dan kembali mengucap salam sambil mengetok pintu lebih keras.
Tidak lama kemudian ada sosok anak muda seumuran saya keluar. Penampulannya meyakinkan, seperti orang kantoran, memakai jaz abu-abu dan celana hitam, Hanya saja, sepertinya dia belum mandi. Mukanya agak sedikit kusut dan rambutnya tidak tertata rapi. Dia juga terlihat gugup saat menemui saya.
"Ada apa, Mas?"
"Maaf, apa betul ini rumahnya Bu Riyanti, pemilik MAHKOTA ONLINE SHOP yang menjual bebagai macam elektonik?"
"Bener ini rumah Ibu saya, tapi Ibu saya tidak menjual barang elektronik tapi kosmetik"
"Loh! Lha ini BBM siapa Mas?"
"Ini pasti penipuan, Mas, sudah ada kira-kira 60 orang yang datang kesini, udah biasa terjadi Mas, kasus ini juga sudah saya laporkan ke polisi, Nama Ibu saya yang dijadikan alat untuk melakukan penipuan?"
"Lha ini poto siapa Mas?" kata saya sambil menunjukkan Suran Izin Tempat Usaha dari Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu dari Pemerintah Kota Kediri yang saya dapat dari BBM atas nama Bu Riyanti, yang telah saya copy paste.
"Lha itu Mas, itu yang saya maksud tadi"
"Ya, kalau memang sudah dilaporkan ke polisi ya Sampean sebar kasus ini ke masyarakat, biar semuanya tahu. Saya malu Mas, saya kadung promosi ke anak-anak, untung saja tidak suruh mereka menghubungi Pin BBMnya"
"Iya Mas, maaf ya Mas, saya nggak tahu"
Dengan muka yang sedikit mrengut, saya pamitan. Namun, wajah anak muda itu datar seperti tidak pernah ada masalah sama sekali. Saya berjabat tangan dengannya lalu keluar.Dan sebelum balik ke rumah, saya dipanggil sama Ibu yang berbincang-bincang lagi dengan saya sebelumnya.
"Gimana, Mas? Itu tadi anakan (Anak)-nya Mas, besok-besok lagi yang hati-hati Mas, udah banyak yang sudah tertipu"
"Iya Bu, makasih infonya..."
Hufh... Tak habis pikir, saya akan mengalami kejadian seperti ini. Mungkin ini yang pertama kali dan terakhir. Semoga saya bisa mengambil hikmah dibalik kejadian ini. Saya mengakui, mungkan saya telah ceroboh dan mudah untuk terlalu percaya kepada orang lain. Kadang, saya berpikir kenapa saya masih saja mudah dibodohi oleh orang lain.
Setiba di rumah, di BBM H. Riyanti ada pemberitahuan bahwa saya bisa menemuinya ke alamat yang ada. Sontak, saya langsung naik pitam, padahal saya baru saja datang ke rumahnya. Saya bilang ke dia bahwa dia telah menipu saya. Eh, dia malah mengejek saya dengan ikon orang yang lagi melet (Menjulurkan lidahnya). Hadeh...
 

28 komentar:

  1. Bener gk ini gan? Saya baru mau beli barang di dia

    BalasHapus
  2. Saya malah sudah ketipu 1 juta alamat sama juga kediri menawarkan elektronik saya sudah tf via bni
    Setelah itu dia menjajikan COD di kras kediri setelah saya tunggu 2 jam lebih malah saya di DC dari pertemanan bbm

    BalasHapus
  3. saya juga tertipu, tapi yang membuat saya curiga si pelaku mengirimkan foto keluarga mbak riyanti, ktpnya, dan ktp suaminya! darimana si pelaku mendapat identitas mbak riyanti kalau ngga ada hubungan atau kerja sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas ada kerjasama dan pelakunya orang dalam...

      Hapus
    2. Jelas ada kerjasama dan pelakunya orang dalam...

      Hapus
  4. Well ternyata dia penipu. Udah feeling kl itu nipu. Jadiin pelajaran aja. Aku juga pernah ketipu dah sekarang belajar lebih waspada. be a smart buyer ya guys. Kalau mau beli barang-barang yang harganya lumayan lebih baik minta COD atau di suruh bikin akun tokopedia atau lazada atau semacamnya. Baru deh kalian beli di online shop resmi di sana. Kan pake rekber, jadi uang bisa balik lagi. Semoga tu orang cepet sadar deh, ga baik nipu orang. Apalagi duit nya cukup gede

    BalasHapus
  5. Saya malah dapat juga dari H.J. Riyanti tapi alamatnya di Sleman sana...buset... tapi setelah saya check di google MAP alamat yg dimaksud malah gak ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cek juga di Google map, di alamat itu ada ruko kosong gitu, saya pikir apakah foto googlenya yg blm update. Kebetulan saya di jogja, saya cek ke TKP, ndak ada org yg bisa nunjukkin alamat itu dg pasti, soalnya jl. Letkol Subadri itu nglewati 3 kampung, Kalak Ijo, Sleman Tiga dan NGangkrik, no.77 itu masuk yg di kampung mana, masing2 kampung ada nomornya sendiri, alhasil "Nihil". Fixed, penipuan.

      Hapus
    2. Makasih mas atas infonya. Makasih banget. Saya juga begitu mas. Saya dapat akun bbm dia dan pelakunya sama. Jika bisa laporkan saja mas ke polisi

      Hapus
  6. OOhh jadi Hj. Riyanti yg di Sleman itu nipu? niatnya hari ini mau order. untung iseng dlu ngecheck google. Sekarang pke pin BB baru kyk nya yaa... beda pin nya soalnya.

    BalasHapus
  7. Untung aja saya td langsung cek2 di google, mau ke toko katanya cuma online aja, bikin curiga sih masak samsung s7 harga asli 8jutaan, di dia cuma 900rb mana buy 1 get 1 free aneh nyaa, dia bilang di sleman alamatnya

    BalasHapus
  8. Saya juga hampir kena nih... Hampir order DSLR 650D Canon. Saya cek ke teman pelaku fotografi bilang kalau harganya nggak masuk akal. Dia pake PIN baru 2B5AB4BF pake nama Hj Riyanti Olshop. Yg satunya 2B4714E7. Alamat Jl. Letkol Subadri no. 77-78 Sleman Yogyakarta. So... Jangan tergiur harga murah yang nggak masuk akal deh... Cari duit susah kok dikasih ke penipu cuma cuma...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pin yg masuk k BBM sy 2a94400d...dan sdh berhasil menipu kawan sy sebesar 1,4 Jt utk pembelian Smartphone...dia dc setelah sy bbm kalau dia penipu..

      Hapus
    2. Pin yg masuk k BBM sy 2a94400d...dan sdh berhasil menipu kawan sy sebesar 1,4 Jt utk pembelian Smartphone...dia dc setelah sy bbm kalau dia penipu..

      Hapus
  9. Feeling saya yg nipu itu si anaknya yg mas temuin di rumahnya. Cm dia pura2 ga tau menau aja.. #cumafeeling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg jelas semua dokumen memang jelas adanya, dan sy setuju dg pendapat Anda, pelakunya orang dalam...

      Hapus
    2. Yg jelas semua dokumen memang jelas adanya, dan sy setuju dg pendapat Anda, pelakunya orang dalam...

      Hapus
  10. MUTIARA OLSHOP
    >H.Riyanti Distributor Electronic

    Kacamata tembus Pandang
    Blackberry
    Sony Xperia
    HP Samsung
    Apple Iphone
    Apple Ipad
    Kamera Kanon
    Kamera Nikon
    Lenovo
    Oppo
    Advan
    Smartfren
    Nokia Lumia
    Tablet Samsung
    Laptop Berbagai merk dll.

    Kami domisili di Jln. Letkol Subdari No.77-78 kota Sleman D.I. Yogyakarta.

    Jika anda minat tapi domisili diluar daerah Pembayaran Via Bank atau Atm

    pesanan anda kami kirim duluan,
    dan nanti setelah kami berikan bukti pengirimannya baru anda bayar atau paling lama 2jam setelah kmi kirim bukti pengirimannya anda diharuskan membayar, Pengiriman lewat » JNE/TIKI «
    Barang,Anda terima 1 atau 2 hari
    Ongkir ditanggung dr toko kami



    Ini pesan siarannya BBM dg pin 2a94400d

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas... sma persis dg yang masuk k contact bbm saya. terimakasih bnyak infonya. mmg dari awal saya sudah ragu namun mmg tertarik .alhamdlillah

      Hapus
    2. persis sama yg masuk ke bbm saya, kmrn sore saya cek ke TKP, org sekitar sana nggak bisa nunjukkin tuh alamat, kata org yg saya tanya, jl. letkol subadri panjang mas, nglewati 3 kampung, nah itu no.77-78 di kampung yg mana. Saya bbm ybs nanya alamat pastinya, gak dibales-bales.. trus tambah yakin klo ini cuman penipuan.. untuk saya ndak mau transfer dl..

      Hapus
    3. Ini juga persis yg masuk k bbm saya

      Hapus
  11. ini kalau bener dia penipu, harusnya digimanain ya..

    untung saya cari info dulu..tp ini orngnya masih berteman di bbm apa kita jebak aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di hp saya dah didelcont sama dia, soalnya saya nanyanya dah agak menjurus, klo dia cuman mau nipu..
      klo mau njebak kayaknya agak susah deh, kecuali kerjasama sama pihak perbankan dan koordinasi sama polisi. Ntar nglacak orgnya dari rekening bank yg ditransferi..

      Hapus
  12. Klo lwat app shopee gmna? Kan klo brg blm nyampe uang nya blm di lepaskan ke penjual? Krena sya liat riyantishop ini ad di shopee.

    BalasHapus
  13. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Maaf Menggangu Numpang BC lgi Mbak/Mas.

    (Beli 2 Gratis 1)
    -Ready_Stock!!

    Harga Hp Vivo
    Xshot Rp.1jt
    Xplay 3S Rp.2jt
    X7 biasa Rp.1,7jt
    X7 Plus Rp.1,9jt

    -Asus
    ZENFONE 4 Rp.650rb
    ZENFONE 5 Rp.900rb
    ZENFONE 6 Rp.1jt
    ZENFONE 2 Rp.1jt

    -APPLE IPHONE
    •5 64 GB »Rp.1,2jt
    •5 32 GB »Rp.1,1jt
    •5 16 GB »Rp.1jt
    •5S 64 GB »Rp.1,4jt
    •5S 32 GB »Rp.1,3jt
    •5S 16 GB »Rp.1,2jt
    •6 Plus 128GB »Rp.2,5jt
    •6s Plus 64GB »Rp.2,7jt
    •6s Plus 128GB »Rp.3jt
    •6s 16GB »Rp.1,7jt
    •6 64GB »Rp.1,8jt
    •6s 128GB »Rp.2jt

    SAMSUNG GALAXY 
    J5 Rp.850rb
    J7 Rp.1jt
    S7 Rp.3jt
    S6 EDGE 64GB Rp.2,5jt
    E7 Rp.1jt
    A7 Rp.1.5jt
    E5 Rp.900rb
    A5 Rp.1,2jt
    A3 Rp.950rb
    TAB S 8.4 Rp.1,4jt
    GRAND 2 Rp.800rb

    SONY XPERIA;
    Sony z ultra Rp.1,2jt
    Sony z3.Rp.1,5jt

    -CAMERA CANON EOS
    550D kit EF-S 18-135mm Rp.1,5jt
    500D Kit 18-55mm Rp.1,5jt
    1Ds Mark III Rp.2jt
    7D Kit2 Rp.2jt
    60D Kit3 Rp.1,5jt
    1100D Kit Rp.1,4jt

    Nikon
    D3200 Rp.1,5jt
    D5100 RP.1,6jt
    D5200 RP.1,7jt
    D5300 Rp.1,6jt
    D7100 Rp.1,7jt
    D600 Rp.2jt(24-85mm)
    D800 Rp.4jt
    D800E Rp.5jt
    D90 Rp.1,7jt (18-200)
    DF Rp.3jt

    OPPO R7 PLUS Rp.1,7jt
    OPPO R7 Rp.1,4jt
    Oppo F1 Rp.Rp.1,2jt
    OPPO F1 Plus Rp.1,5jt
    OPPO N3 Rp.1,8jt
    Oppo F1s Rp.1,4jt

    -LAPTOP & NOTEBOOK
    Toshiba. 14inchi Rp.1,5jt
    Toshiba. 12inchi Rp.1,2jt
    Toshiba. 10inchi Rp.1jt
    Acer. 14inchi Rp.1,4jt
    Acer. 12inchi Rp.1,1jt
    Acer. 10inchi Rp.1jt
    HP. 14inchi Rp.1,4jt
    HP. 12inchi Rp.1,1jt
    HP. 10inchi Rp.1jt
    Azus. 14inchi Rp.1,5jt
    Azus. 12inchi Rp.1,2jt
    Azus. 10inchi Rp.1jt
    Axio. 14inchi Rp.1,35jt
    Axio. 12inchi Rp.1jt
    Axio. 10inchi Rp.900rb
    Apple. 14inchi Rp.3jt
    Apple. 12inchi Rp.2,5jt
    Apple. 10inchi Rp.2jt
    ◈ Semua Barang yg kami Tawarkan di jamin 100% Baru (masih Segel) bergaransi.

    Promo Barang BM Sisa 2 hari lagi Berakhir Besok hari Rabu 19-10-2016. Bagi Peminat barang (BM atau Black market) jangan buang kesempatan ini yuk Di pesan-order mbak/Mas.

    pesan BBM 2A666C13 .

    BalasHapus
  14. D0FF1F82 ini bbm yg di shopee. setelah sy kontak bbm nya dia menolak transaksi via shopee. dan sy bilang reputasi dia buruk di google. dia mengelak kalo ada yang pake ktp nya. dll. langsung sy delcont

    BalasHapus
  15. Ini orang sudah ganti pin bb jadi D4D40C1A alamat sellternya ganti gadgetcell. Id Line nya @qci8517n . Alamatnya ganti Jl. Lintasan No.14, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur 64112 . Allah yang akan mengampuni dosanya. Tolong teman" berhati".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan pembayaran melaluo BNI atas nama Rusadi

      Hapus